Chat with us, powered by LiveChat

Menurunnya Kemampuan Penciuman pada Manula jadi Penanda Awal Risiko Kematian

Menurunnya penciuman pada seseorang terutama yang berusia tua bisa menjadi penanda masalah kesehatan serius dan meningkatnya kematian. Pada orang tua yang indera penciumannya menurun, terdapat potensi bahwa mereka akan meninggal dalam jangka waktu 10 tahun dibanding pada orang dengan penciuman yang tetap tajam.

Dilansir dari Live Science, sebuah penelitian mengungkap bahwa orang tua dengan indera penciuman yang menurun memiliki risiko kematian 46 persen lebih tinggi dalam 10 tahun setelah melakukan tes dibanding pada mereka dengan penciuman yang baik-baik saja. Hasil penelitian ini juga menyebut bahwa terdapat peningkatan 28 persen risiko kematian dari parkinson, demensia, serta berat badan menurun tanpa sebab yang dapat mempengaruhi indera penciuman.

Berdasar tim peneliti, hampir seperempat manula di Amerika Serikat mengalami penurunan indera penciuman. Namun sayangnya masalah ini tidak mudah dikenali seperti penglihatan dan pendengaran yang memburuk.

Penelitian ini dilakukan oleh tim dari Michigan State University mulai tahun 1997 terhadap 3.000 manula usia 70 hingga 79. Pada tes tersebut, partisipan diminta mengenali 12 bau yang umum dan tetap diteliti hingga tahun 2014 atau ketika mereka sudah meninggal.

Dari data dan nilai yang didapat, diketahui bahwa orang-orang dengan hasil penilaian penciuman yang rendah memiliki risiko kematian 46 persen lebih tinggi dalam 10 tahun. Hasil ini menunjukkan bahwa indera penciuman memegang peran penting dalam memprediksi kematian seseorang.

Pada partisipan yang mengaku sehati di awal penelitian, memburuknya indera penciuman ternyata meningkatkan risiko kematian hingga 62 persen dalam 10 tahun dibanding yang indera penciumannya sehat. Pada tahun ke-13 setelah penelitian, risiko kematian menjadi 40 persen karena sebagian partisipan sudah meninggal lebih dahulu.

Sebelumnya telah diketahui bahwa kerusakan otak akibat parkinson dan demensia bisa mempengaruhi penciuman seseorang. Oleh karena itu, tim peneliti coba melihat apakah hal itu dapat menjelaskan hubungan antara hidung dan kematian. Dilihat juga hal lain seperti menurunnya berat badan yang mengindikasikan terjadinya malnutrisi.

“Penciuman yang buruk pada manula dengan kondisi kesehatan yang baik dapat menjadi penanda dini adanya masalah kesehatan di dalam diri yang dapat berujung pada kematian,” tulis penelitian tersebut.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *